Garuda Pancasila, Teks Pancasila dan Pembukaan UUD'45

Diposting oleh The Utuh pada 10:07, 09-Mei-12

Di: Nasionalisme

garudapancasila.jpg


Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh kekanan, perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu" ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda.
Lambang ini dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno, dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.
Lambang negara Garuda Pancasila diatur penggunaannya dalam Peraturan Pemerintah No. 43/1958.

Deskripsi dan Arti Filosofi.

GARUDA.
* Garuda Pancasila sendiri adalah burung Garuda yang sudah dikenal melalui mitologi kuno sejarah bangsa Indonesia sebagai kenderaan whisnu yang menyerupai burung elang rajawali. Garuda digunakan sebagai lambang negara untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah negara yang besar dan kuat.
* Warna keemasan pada burung Garuda melambangkan keagungan dan kejayaan.
* Garuda memiliki paruh, sayap, ekor dan cakar yang melambangkan kekuatan dan tenaga pembangunan.
* Jumlah bulu burung Garuda melambangkan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, antara lain :
- 17 helai bulu pada masing-masing sayap.
- 8 helai bulu pada ekor.
- 19 helai bulu dibawah perisai atau pada pangkal ekor.
- 45 helai bulu pada leher.

PERISAI
* Perisai adalah tameng yang merupakan bagian senjata yang melambangkan perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan.
* Ditengah perisai terdapat garis hitam tebal yang, melukiskan garis khatulistiwa yang menggambarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu negara tropis yang dilintasi garis khatulistiwa yang membentang dari timur ke barat.
* Warna dasar pada ruang perisai adalah warna bendera kebangsaan Indonesia "merah putih". Sedangkan pada pada bagian tengahnya berwarna dasar hitam.
* Pada perisai terdapat lima buah ruang yang mewujudkan dasar negar Pancasila.

Pita Bertuliskan BHINNEKA TUNGGAL IKA
* kedua kaki Garuda Pancasila mencengkeram sehelai pita putih bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika berwarna hitam.
* Semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah kutipan dari Kakawin Sotasoma karya Mpu Tantular. Kata "bhinneka" berati beraneka ragam atau berbeda-beda, "tunggal" berarti satu, "ika" berati itu. Secara harfiah kata Bhinneka Tunggal Ika berarti Beraneka Satu Itu, yang bermakna "meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya tetap adalah satu kesatuan.



P A N C A S I L A


1. pancasila1.png Ketuhanan Yang Maha Esa

2. pancasila2.png Kemanusian Yang Adil Dan Beradab

3. pancasila3.png Persatuan Indonesia

4. pancasila4.png Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan

5. pancasila5.png Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia




UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA Tahun 1945

P E M B U K A A N


Bahwa sesungguhnya kememerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.



Semoga rakyat Indonesia tetap mempunyai rasa Nasionalisme, menghargai jasa para pahlawan dan cinta tanah air.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

30 tanggapan untuk "Garuda Pancasila, Teks Pancasila dan Pembukaan UUD'45"

[y][u][z][u][f]™ pada 10:10, 09-Mei-12

MERDDEEEKAAAA biggrin

Eh dpt icon kecil kya gtu dimana om? biggrin

The Utuh pada 10:40, 09-Mei-12

@[y][z][f]™,
Merdekaa!!

Bisa dengan cara mengedit foto sebelum di upload dgn me re-size menjadi 16 x 16 seperti ukuran foto favicon. Atau yg lebih praktis cukup atur ukuran gambar pd postingan dengan menambahkan: height="16" width="16" seperti postingan saya itu sob..biggrin

Ade Kesturi pada 11:44, 09-Mei-12

Mantapp.. Sob thanks infonya..

Fery Fardiano pada 12:05, 09-Mei-12

thnk sudah share brrow,,
ane g hafal, Lupa !! biggrin
.ane baca dlu

The Utuh pada 12:25, 09-Mei-12

@Ade Kesturi,
Makasih kunjungannya sob..

The Utuh pada 12:25, 09-Mei-12

@Fery Fardiano,
Hehe..silahkan bro..biggrin

Rifky Ahmad pada 14:44, 09-Mei-12

kunjungan siang sob,berguna sekali buat nambah wawasan ,tq infonya

The Utuh pada 14:50, 09-Mei-12

@Rifky Ahmad,
Iya sob, makasih kunjungannya.

Baru belajar ngeblog (new user) pada 18:45, 09-Mei-12

Absen master,
nyimak hidangan terbaru istana master.... sekalian ngramein blog master, nice info
Ijin jelajahi link2 terbaru yang master posting. bwt nambah wawasan...
jgn lupa kunjungan balik n foollow myblog yach...?
thank

SI NAGA BERACUN | KISAH TIGA NAGA SAKTI | SI TAWON MERAH BUKIT HENGSAN PENDEKAR REMAJA | RAJA PEDANG | KERIS PUSAKA DAN KUDA IBLIS

Baru belajar ngeblog (new user) pada 18:45, 09-Mei-12

Absen master,
nyimak hidangan terbaru istana master.... sekalian ngramein blog master, nice info
Ijin jelajahi link2 terbaru yang master posting. bwt nambah wawasan...
jgn lupa kunjungan balik n foollow myblog yach...?
thank

SI NAGA BERACUN | KISAH TIGA NAGA SAKTI | SI TAWON MERAH BUKIT HENGSAN PENDEKAR REMAJA | RAJA PEDANG | KERIS PUSAKA DAN KUDA IBLIS

The Utuh pada 19:15, 09-Mei-12

@Baru belajar ngeblog (new user),
Hehe..keberatan gelar kalo dibilang master sob, ane awam biggrin
Thanks kunjungannya sob,

yan_mbah pada 19:16, 09-Mei-12

kunjungan malam sob..
Nice info ..
Jngan lupa kunbal yamrgreen

The Utuh pada 19:33, 09-Mei-12

@yan_mbah,
Makasih kunmalnya sob..biggrin
Udah saya kunjungi sob..

Ulziarif pada 19:46, 09-Mei-12

Hadir sob. . . . .maaf telat

DEDI STYAWAN & TRI AGENG pada 21:40, 09-Mei-12

brkunjung aja sob...razz
jgn lupa mampir ke rumahku...biggrin

The Utuh pada 06:54, 10-Mei-12

@Ulziarif,
Ga pa2 sob, mksh biggrin

The Utuh pada 06:55, 10-Mei-12

@DEDI STYAWAN & TRI AGENG,
Iya sob, insyaAllah..

Rindra pada 09:48, 10-Mei-12

mampir nyimak sobat

The Utuh pada 11:02, 10-Mei-12

@Rindra,
Makasih sob.

anggi novalia pada 20:21, 03-Sep-12

merdeka sad

upy pada 08:59, 11-Sep-12

semoga bermanfaat untuk kita semua

The Utuh pada 10:15, 11-Sep-12

Upy@ ya sob. Makasih kunjungannya..

eiren pada 18:01, 26-Sep-12

panjang amat sich males gw bacanya

axlez pada 18:05, 26-Sep-12

hallo guys i am from los angeles please if someone want to be my boys its ok email me ok at axlezcutez@gmail.com bye...love you

@SARAHAULIARAHM3 pada 07:37, 17-Okt-12

KEREN ABISA DEH .. MERDEKA INDONESIA biggrin smile

Ahmad Faqih pada 21:20, 09-Mar-13

Semuanya ada disini pasti bro hahahaha mantep cuyyy
I terimakasih banget sama You karena adik I lagi menyari tugas teks pancasila hehehe

smile :& biggrin wink :o :$

maaliya isnaini pada 21:39, 16-Apr-13

mantap coooooy

maaliya isnaini pada 21:41, 16-Apr-13

cara simpan file gimana??????????:}
@maaliya isnaini

maulana putra pada 21:50, 16-Apr-13

justin bieber juga baca pancasila,'wkwkwk':>

The Utuh pada 13:02, 17-Apr-13

@maaliya isnaini,
maksudnya simpan halaman? Jika menggunakan browser opera mini, sbb : saat berada dilaman ini, tekan menu > simpan halaman (save page) > oke. Jika ingin mmbuka : menu > save page > open/buka > oke.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)