(Renungan) Tanda-tanda Matinya Hati

by The Utuh on 05:37 PM, 10-Dec-12

Category: Religi

Bismillahirrahmanirrahim.

Hati adalah tempat mangkalnya berbagai perasaan, tumbuh kembang antara kebaikan dan keburukan. Hati juga menjadi sumber ilham dan permasalahan, tempat lahirnya cinta dan kebencian, serta muara bagi keimanan dan kekufuran.

Hati menjadi sumber kebahagiaan jika sang pemiliknya mampu membersihkan berbagai kotorannya yang berserakan, namun sebaliknya ia merupakan sumber bencana jika sang empunya gemar mengotorinya. Karena, hati yang kotor akan menyebabkan kapasitas ruangnya menjadi pengap, sumpek, gelap, dan bahkan mati. Jika sudah mati seluruh komponen juga akan turut mati.

Abu Hurairah RA berkata, "Hati ibarat panglima, sedangkan anggota badan adalah tentara. Jika panglima itu baik maka akan baik pulalah tentaranya. Jika raja itu buruk maka akan buruk pula tentaranya".

Pada akhirnya kita bisa merenungi dan mengenali dalam keadaan apa hati seseorang itu mati. Di antaranya adalah :

- Taarikush shalah.
meninggalkan shalat dengan tanpa uzur atau tidak dengan alasan yang dibenarkan oleh syar'i. Imbas dari seringnya meninggalkan shalat adalah kebiasaan memperturutkan hawa nafsu. Dan, kalau sudah demikian, dia akan menabung banyak kemaksiatan dan dosa.

- Adz-dzanbu bil farhi.
Melakukan kemaksiatan dan dosa dengan bangga. Alih-alih merasa berdosa dan menyesal, justru ia teramat menikmati kemaksiatan dan dosanya.

- Karhul Qur'an.
Benci pada Alquran. Seorang Muslim, jelas memiliki pedoman yang menyelamatkan, yaitu Alqur'an. Tapi, justru ia enggan berpedoman dan mencari selamat dengan kitab yang menjadi mukjizat penuntun sepanjang zaman ini. Bahkan, ia membencinya dan tidak senang terhadap orang atau sekelompok orang yang berkhidmat dan bercita-cita luhur dengan Alqur'an.

- Hubbul ma'asyi.
Gemar bermaksiat dan mencintai kemaksiatan. Nafsu yang diperturutkan akan mengantarkan mata hatinya tertutup, sehingga susah mengakses cahaya Ilahi. Karenanya, ia lebih senang maksiat daripada ibadah.

- Asikhru.
Sibuk hanya mempergunjing dan buruk sangka serta merasa dirinya selalu lebih suci.

- Ghodbul ulamai.
Sangat benci dengan nasihat baik dan fatwa-fatwa ulama.

- Qolbul hajari.
Tidak ada rasa takut akan peringatan kematian, alam kubur, dan akhirat.

- Himmatuhul bathni.
Gila dunia dengan tidak peduli halal haram yang penting kaya.

- Anaaniyyun.
Masa bodoh terhadap keadaan dan urusan orang lain. Orang di lingkungannya ada yang sedang kesusahan dan menderita, dia tidak peduli dan tetap saja cuek.

- Al-intiqoom, pendendam hebat.

- Al-bukhlu, sangat pelit.

- Ghodhbaanun.
Cepat marah, angkuh, dan pendengki.

Na'udzubillah, semoga kita semua dijaga dari hati yang mati. Amiin.

Oleh : Ustadz M. Arifin Ilham

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

25 responses to "(Renungan) Tanda-tanda Matinya Hati"

KOLEKSI THEMES PREMIUM GRATIS [05:50 PM, 10-Dec-12]

kunjungan sore kang.. nyimak ajja kang,karena updatean banyak jadi keliling dulu..

http://kudhen.mywapblog.com/themes-embossed-red-by-ind190.xhtml

Babar O'on [06:54 PM, 10-Dec-12]

Mudah2an ALLAH sllu memberikan rahmat dan hidayahnya, menjaga hti umat2nya agar sllu bsa mensyukuri setiap pemberiannya. Aamiin...
Thanks infonya gan.

Kumprunk Berbagi Tips N Trik [07:35 PM, 10-Dec-12]

jauhkanlah dari sifat tersebut biggrin

Exodius [09:16 PM, 10-Dec-12]

semoga kita dijauhkan dari sifat-sifat tersebut. aamiin

Agun Zun [07:09 AM, 11-Dec-12]

thanks.,

Utuh Linker [09:12 AM, 11-Dec-12]

@Koleksi, thanks
@Babar, amiin.
@Kumprunk, amiin.biggrin
@Exodius, aamiin.
@Agun, thanks

Aris Agung Wibono [06:25 PM, 11-Dec-12]

yang begini baru boleh smile. Copas dari ustadz langsung hehe. Ditunggu kunbalnya sobat

Utuh Linker [06:55 PM, 11-Dec-12]

@Aris, hehe...iya sob. Saya ga berani ngaku2 punya cukup ilmu untuk yg beginian. Karena saya sependapat isinya, jdi saya poskan sekalian sumbernya.. biggrin

Indra [08:18 PM, 11-Dec-12]

Hadir Ndan

Ditunggu Kunbalnyalol

Utuh Linker [08:25 PM, 11-Dec-12]

@Indra, makasih ndan. segera ke tkp biggrin

andriansyah [12:31 AM, 12-Dec-12]

maaf tlat hadir sobsmilejd inga nasyidnya Aa Gym jagalah hatismile

http://andr1ansyah.mywapblog.com/trik-xl-masteng-with-cgi.xhtml

RIDWAN TURI MWB [07:20 AM, 12-Dec-12]

mantap sob,kunjungan pagi smile

Yadi Nugraha [08:51 PM, 12-Dec-12]

kunjungan malam Gan..
Sukses selalu smile

http://yadi.heck.in/download-mp3-the-rain-terlalu-indah-mp3.xhtml

Utuh Linker [09:16 PM, 12-Dec-12]

@Andriansya, jgn kau nodai biggrin
@Ridwan, thanks..
@Yadi, sukses untuk kita semua gan..

Mr Devian [11:41 PM, 12-Dec-12]

Selamat malam bro..
Tolong masuk halaman berikut ya... smile

http://zxcvwap.p.ht

Terus tolong beri RATE seikhlasnya. Makasih smile

Rangga Aditya [08:25 AM, 13-Dec-12]

Kunbal gan
...
Wah,,ni dia artikel pnyejuk hti razz

Mr Devian [01:22 PM, 13-Dec-12]

Selamat siang bro..
Tolong masuk halaman berikut ya... smile

http://zxcvwap.p.ht

Terus tolong beri RATE seikhlasnya.
Makasih smile

One's Mobile Blog [02:44 PM, 13-Dec-12]

subhanallah renungan yang sungguh menjadi ilmu buat bekal hidup..!! izin share ya sobatku..!!

Utuh Linker [06:55 PM, 13-Dec-12]

@Mr Devian, siip bro.
@Rangga, makasih gan.
@One's, silahkan sobatku.

Anggie [10:54 PM, 13-Dec-12]

Kunjugan mlm mas broo..

minta bantuanya yah bro, tolong masuk ke http://anggieofficial.nazuka.net/rate.php terus kasih vote. Terserah mau berapa aja yg penting ikhlas smile
makasih yah bro...

OGETTO [09:44 AM, 14-Dec-12]

lun follow blog x sanak,
Dtunggu follbacknya

Utuh Linker [11:27 AM, 14-Dec-12]

@Anggie, siipp broo..
@Ogetto, sudah dilaksanakan sanak..

Rifky Ahmad [04:04 PM, 14-Dec-12]

hadir sob

The Utuh [09:41 PM, 22-Dec-12]

@Rifky Ahmad, makasih sob..

alikha [03:39 PM, 12-Feb-13]

Hati diibaratkan kamar yg dihuni akal,setan dan malaikat adalah tamunya...

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)